5 Macam Makanan yang Tinggi Akan Protein

5 Macam Makanan yang Tinggi Akan Protein – Makanan yang mengandung protein tinggi sering kali menjadi pilihan bagi para pelaku diet atau hendak membentuk massa otot. Tak hanya itu, jenis makanan ini juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui serta bayi dan balita untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Selama proses pencernaan, makanan yang mengandung protein akan dipecah menjadi stmik.co bagian-bagian kecil yang disebut asam amino. Nutrisi ini berperan penting dalam mendukung proses metabolisme tubuh, memperbaiki sel dan jaringan tubuh yang rusak, serta memproduksi sel-sel baru.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang mengandung protein tinggi, baik dari hewan maupun tumbuhan:

Biji-bijian

Selain dikenal sumber protein nabati, biji-bijian juga termasuk makanan tinggi serat yang bisa memberikan efek kenyang lebih lama. Hal ini tentu menjadi pilihan yang baik dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani diet sehat. Salah satu jenis biji-bijian yang paling dikenal tinggi kandungan proteinnya adalah chia seed.

Kacang-kacangan

Kacang tanah dan almond termasuk jenis makanan yang mengandung protein tinggi. Misalnya, dalam 1 gelas penuh berisi kacang almond, Anda sudah bisa mendapatkan protein sebesar 30 gram. Selain itu, kacang tanah dan almond juga memiliki beragam nutrisi lain, mulai dari serat, magnesium, hingga vitamin E, yang terbukti dapat mempertahankan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Telur

Telur telah lama dikenal sebagai salah satu makanan berprotein tinggi. Tak hanya protein, telur juga kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan lemak tak jenuh. Berkat kandungan nutrisinya tersebut, telur kerap dikonsumsi untuk menjaga berat badan, mempercepat proses penyembuhan, dan menjaga kesehatan jantung.

Kedelai

Kedelai merupakan jenis makanan yang dianggap sebagai sumber protein utuh, karena mengandung 9 jenis asam amino esensial. Hal ini tentu sangat baik dijadikan sebagai camilan sehat untuk dikonsumsi sehari-hari. Salah satu jenis kedelai yang bisa menjadi pilihan adalah edamame. Dalam satu gelas kacang edamame yang telah dimasak biasanya terkandung 18 gram protein.

Jamur

Selain dikenal sebagai sumber protein dan serat yang rendah kalori, jamur juga mengandung beragam senyawa antioksidan serta mineral yang penting bagi tubuh, seperti selenium, zinc, kalium, magnesium, dan fosfor.Berkat kandungan nutrisinya tersebut, ada beragam manfaat jamur yang bisa diperoleh, mulai dari menjaga daya tahan tubuh, mendukung pertumbuhan sel, hingga menjaga kesehatan jantung. Anda bisa mengonsumsi beragam jenis jamur, seperti jamur shitake.