4 Cara Mencegah Komedo Putih di Hidung

4 Cara Mencegah Komedo Putih di Hidung – Komedo adalah benjolan kecil yang terbentuk di pori-pori kulit akibat adanya penyumbatan pada pori-pori atau folikel rambut. Sumbatan tersebut berasal dari penumpukan minyak, bakteri, atau sel kulit mati yang dipicu oleh berbagai faktor, mulai dari stres, hormon, hingga penggunaan skincare yang tidak sesuai dengan jenis kulit. Komedo terbagi menjadi dua jenis, yaitu komedo terbuka (blackhead) dan komedo tertutup (whitehead).

Blackhead terjadi ketika minyak masuk ke dalam pori-pori yang terbuka kemudian bercampur dengan sel kulit mati dan keringat hingga akhirnya menyumbat pori-pori. Sumbatan tersebut terpapar udara, teroksidasi dan akhirnya mengalami perubahan warna menjadi gelap. Sementara itu, whitehead merupakan komedo pada pori-pori kulit yang telah tertutup sehingga warnanya tetap terang karena tidak terkena paparan udara dan teroksidasi. Whitehead tidak menimbulkan nyeri. Warnanya slot server thailand no 1 seperti warna kulit sekitarnya atau bahkan lebih terang.

Eksfoliasi

Eksfoliasi wajah merupakan cara menghilangkan komedo di hidung dan dagu yang dinilai cukup efektif. Eksfoliasi sendiri adalah perawatan untuk mengangkat sel kulit mati. Terdapat dua jenis eksfoliasi, yaitu physical dan chemicalPhysical exfoliation atau eksfoliasi fisik dilakukan menggunakan scrub. Namun, tidak semua kulit cocok dengan produk yang satu ini, terutama kulit sensitif. Maka dari itu, Anda disarankan menggunakan scrub maksimal 1-2 kali seminggu. Jangan lupa untuk menggunakan pelembab setelahnya guna menghindari iritasi kulit.

Sementara itu, chemical exfoliation atau eksfoliasi kimia merupakan cara eksfoliasi menggunakan bahan-bahan kimia, seperti AHA, BHA, dan PHA, untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan mencegah minyak berlebih serta kotoran yang dapat menyumbat pori-pori. Eksfoliasi kimia dilakukan setidaknya 1 minggu sekali, namun lebih baik untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu. Bila dilakukan terlalu sering atau dalam konsentrasi yang terlalu tinggi, hal tersebut berisiko menyebabkan iritasi.

Mikrodermabrasi

Cara menghilangkan komedo di hidung juga bisa dilakukan dengan bantuan dokter kulit, seperti melalui tindakan mikrodermabrasi. Mikrodermabrasi adalah perawatan menggunakan kristal-kristal halus serta vakum khusus untuk mengangkat sel kulit mati dan minyak di pori-pori. Perawatan ini dapat membuat kulit wajah menjadi lebih halus dan cerah.

Scrub Oatmeal

Oatmeal memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk kulit. Oatmeal mengandung saponin yang berfungsi sebagai antimikroba dan dapat membersihkan wajah sehingga cocok digunakan sebagai masker untuk bocoran slot gacor menghilangkan komedo di hidung. Oatmeal juga memiliki kandungan zinc yang bisa mengurangi peradangan dan melawan bakteri penyebab jerawat. Sifat oatmeal yang padat juga berfungsi sebagai lulur fisik untuk muka, namun perlu diperhatikan intensitas penggunaannya agar tidak terlalu sering karena berisiko menyebabkan iritasi pada kulit.

Mencuci Muka dengan Rutin

Cara menghilangkan komedo di hidung yang pertama adalah membersihkan muka secara teratur. Anda disarankan mencuci muka di pagi hari ketika bangun tidur dan malam hari setelah menjalani aktivitas seharian untuk membersihkan bakteri dan kotoran yang menempel. Rajin mencuci muka juga bermanfaat untuk mengatasi kulit kusam. Namun, pastikan Anda memilih sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit untuk mencegah iritasi atau munculnya jerawat.

Hindari mencuci muka terlalu sering karena hal tersebut justru memberikan dampak yang kurang baik. Lapisan kulit akan menipis dan menyebabkan peningkatan produksi minyak alami yang dapat menumpuk pada pori-pori dan membuat komedo semakin banyak.