Inilah 4 Langkah Langkah Untuk Mencegah Penyakit Kanker

Inilah 4 Langkah Langkah Untuk Mencegah Penyakit Kanker – Pemeringkatan ini memposiskan indonesia di urutan ke 8 dengan kasus terbanyak di asia tenggara, dan peringkat ke 23 di asia. Ada kabar baik sekitar 30 hingga 50 dari semua jenis penyakit kanker bisa diatasi.

Pencegahan harus dilakukan sejak dini dan dimulai dari sekarang. Soalnya ada berbagai jenis kanker yang dapat terjadi tanpa menimbulkan gejala awal sama sekali. Pada umumnya, kanker dapat terjadi saat sel tubuh mengalami kelainan dalam materi genetiknya, Sampai sel ini membelah diri tanpa kendali. Jadi untuk mencegah kanker, kita harus menentukan sel tubuh kita dalam keadaan yang sehat. Langkah yang dapat kalian lakukan untuk mencegannya ialah:

1. Menghindari asap rokok dan minuman beralkohol

Rokok adalah salah satyu faktor terbesar terjadinya kanker. Selain kanker dan paru paru, rokok juga bisa meningkatkan risiko terkena kanker tenggorokan, ginjal, mulut, leher rahum dan pankreas. Dampak merokok tidak cuma berlaku untuk perokok aktif perokok pasif juga beresiko terkena kanker. Oleh sebab itu, hentikan kebiasaan ini dan hindari menghirup asap rokok bebas mulai hari ini.

2. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Supaya terhindar dari kanker, kalian harus memperoleh asupan nutrisi yang cuku. Perbanyaklah mengkonsumsi makanan sehat. seperti buah buahan, sayuran, biji bijian dan kacang kacangan, supaya tubuh memperoleh nutrisi yang baik dan dibutuhkan daya tahan tubuh juga meningkat. Selain itu, batasi mengkonsumsi olahan makanan yang cenderung tinggi nutrisi, lemak tidak sehat, dan gula tambahan, dan juga bisa meningkatkan penumpukan lemak. Hal tersebut diketahui bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker, Seperti mie instan, dan buah sayuran, nugget.

3. Melakukan deteksi dini

Kanker sangat sering tidak menimbulkan gejala. Gejala biasanya baru dirasakan sesudah kanker berada di lanjut. Oleh sebab itu, kalian harus melakuka deteksi kanker sejak dini untuk cara pencegahan penyakit ini. Kalian disarankan untuk melakukan pemeriksaan awal atau skrining secara berkala, apalagi untuk kalian yang beresiko tinggi menderita penyait kanker.

4. Rajin Berolahraga

Untuk menjaga berat badan ideal adalah kunci untuk mencegah kanker. Selainitu mengkonsusi makanan sehata, menjaga berat badan bisa diraih dengan rutin olahraga. Menurut sebuah penelitian dinyatakan bahwa akti dengan fisk bisa menurunkan risiko kanker sebanyak 10 – 20 %. Kalian bisa melakukan olahraga apa saja yang disukai. Tapi tentukan untuk melakukan dengan rutin, minimal selama 30 menit dalam sehari.