Cara Mengatas Pilek atau Hidung Tersumbat

Cara Mengatas Pilek atau Hidung Tersumbat – Hidung tersumbat sering kali terjadi dan tentunya cukup menganggu kegiatan sehari hari, dimana nafas menjadi tidak normal. Tidak heran jika banyak orang yang mau tahu bagaiman cara mengatasi pilek supaya tidak terganggu dengan kondis tersebut. Tidak hany selalum, penyebab hidung tersumbat bisa jadi berbagai kondisi, seperti alergi debu, asap tidak kuat terhadap cuaca dingin. Berikut inilah cara mengatasi hal tersebut.

Penyebab Hidung Tersumbat

Sebelum mengetahui bagaimana cara hidung tersumbat, kalian mungkin butuh memamhami apa saja penyebabnya.

1. Alergi

Hidung tersumbat juga bisa terhadu jika kalian mempunyai alergi terhadapat zat zat, misalnya debu, sampai tubuh akan memberi reaksi.

Pada kondisi rintis alergi, ada gangguan pada sistem pernapasan yang tersedia produksi lendir meningkat dan membuat penderitanya bersin dan pilek dan hidung menjadi tersumbat.

2. Sinutisis

Hal ini adalah salah satu komplikasi dari batuk pilek. Pada umumnya, kondisi ini akan membaik setidaknya 10 hari. Sinutisis menjadi penyebab hidung tersumbat sebab saat dalam kondisi ini, jaringan dalam hidung meradang dan membengkak sampai rongga hidung menyempit.

3. Flu

Penyebab berikutnya ialah flu, kondisi ini disebabkan oleh adanya virus yang menginfeksi sistem pernapasan, seperti tenggorokan paru paru dan hidung. Flu adalah kondisi yang sangat umum dialami dan bisa sembuh dengan sendirinya selama tidak ada komplikasi yang lain.

Cara Mengobati Hidung Tersumbat

Sesudah mengetahui berbagao penyebab hidung tersumbat, kini saatnya kalian mengetahui berbagai cara mengatasi hidung tersumbat, berikut inilah dia:

1. Menghirup Uap Hangat

Cara untuk mengatasi hal tersebut ialah dengan menghirup uap yang hangat. Usaha ini juga membantu melegakan pernapasan. Caranya mudah, kalian cuma perlu mempersiapkan wadah berisi air hangat, Lalu dekat wajah pada wadah dan cobalah untuk menghirupnya.

2. Menjaga Suhu Tetap Hangat

Cara untuk mengatasi hal tersebut yang pertama ialah melakukan daya tahan tubuh tetap hangat. Cara ini bisa dilakukan dengan berjemur dibawah sinar matahari ketika pagi. Cobalah untuk duduk di luar rumah di rentang waktu 7 – 9 pagi.